Langsung ke konten utama

Peran Manajamen Organisasi Terhadap Wirausahawan



Manajemen organisasi – Sebuah kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan yang mana seluruh kegiatan itu bertujuan guna mencapai sebuah target organisasi (George R. Terry). Tujuan utama dalam manajemen organisasi ialah untuk mencapai apa yang sedang diinginkan organisasi dengan seefisien mungkin. Apapun bentuk organisasi itu, manajemen diperlukan untuk mengelola kegiatan, orang maupun unsur lainnya yang ada didalam organisasi agar tercapai tujuannya dengan baik.

Secara spesifik ada 3 alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
1. Mencapai tujuan, karena dengan manajemen dapat mempermudah pencapaian tujuan organisasi
    dan pribadi.
2. Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, dengan manajemen yang
   baik dapat menyeimbangkan tujuan-tujuan dan kegiatan yang saling bertentangan diantara pihak\
   yang berkempentingan dalam organisasi seperti karyawan, masyarakat, dinas/instansi dan lainnya.
3. Mencapai efesiensi dan efektifitas, merupakan ukuran prestasi organisasi.

Organisasi sangat berhubungan dengan manajemen dan tata kerja, karena organisasi secara keseluruhan memerlukan manajemen untuk mengatur sistem tata kerja. Dimana manajemen memiliki peranan yang sangat penting untuk berhasilnya suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Manajemen organisasi memiliki sejumlah fungsi yang perlu diterapkan di dalam organisasi, diantaranya:
·         Perencanaan (planning)
      Yaitu proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya, meliputi penetapan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan strategi, membuat strategi, dan mengembang-kan subrencana untuk mengkoordinasikan kegiatan. 
·         Pengorganisasian (organizing)
      Sebuah proses pemberian tugas, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terkoordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana yang telah dibuat., meliputi penetapan dimana keputusan akan dibuat, siapa yang akan melaksanakan tugas dan pekerjaan, serta siapa yang akan bekerja untuk siapa. 
·         Memimpin (leading)
      Yaitu proses menumbuhkan semangat pada karyawan agar bekerja dengan baik dan membimbing mereka untuk melaksanakan kegiatan yang sesuai rencana dalam rangka mencapai tujuan, memberi inspirasi dan motivasi kepada karyawan untuk berusaha keras mencapai sasaran organisasi. 
·         Pengendalian (controlling)
      Sebuah proses mengukur kinerja, membandingkan antara hasil sesungguhnya dengan rencana yang telah dibuat serta mengambil tindakan koreksi yan diperlukan. 

Apa jadinya jika sebuah bisnis tidak ada perencanaan pasti untuk kedepannya, tentu saja akan merugi. Sama hal nya dalam membuat rumah, bisnis juga butuh pondasi dan perencanaan yang pasti agar bisa di pertahankan dan terus berlanjut. Maka dari itu, jika ingin membuka sebuah bisnis kita harus paham dan tau apa yang ingin kita lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Hindari Resiko Bisnis? Yuk Coba Studi Ini

Hai reader, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan gak bosen liat pembahasan ku ini ya. Hehe. Okeee kali ini aku masih ngebahas tentang bisnis dan bakal ngasih tau ke kalian gimana cara menganalisa kelayakan dari sebuah bisnis ni readers. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus mampu mengatur dan paham akan segala hal mulai dari hal kecil hingga hal besar yang kedepannya sangat memengaruhi kestabilan bisnis. Terlebih lagi, bagi siapa saja yang masih dalam tahap awal memulai bisnis dan masih berkembang itu masih belum mahir dan mengetahui bisnis secara mendalam. Padahal studi kelayakan bisnis itu sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu kita langsung aja bahas ya. Go, go, goooooo! STUDI KELAYAKAN BISNIS Studi kelayakan bisnis ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis dari berbagai aspek sebagai penentuan bisnis berpotensial atau tidak kedepannya.  TUJUAN S

Pameran Otomotif GAIKINDO Berpotensi Baik Terhadap Bidang Industri Otomotif Indonesia

Batam, 13 Maret 2020 – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 lalu di Jakarta Convention Center. GIICOMVEC 2020 masih memiliki satu lagi catatan positif. Selain sukses menarik total 10.359 kehadiran sepanjang empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2020 yang tahun ini diikuti oleh deretan kendaraan komersial terbaik dengan inovasi dan tekonologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, sementara ini berhasil mencatat angka transaksi sebanyak lebih dari 800 unit kendaraan komersial dengan nilai melebihi 450 milyar rupiah. Angka tersebut diperkirakan masih dapat bertambah mengingat masih ada beberapa merek yang akan mendata pencapaian mereka, serta data penjualan dari supporting industri yang tidak tercatat didalamnya. Namun dapat dipastikan bahwa pencapaian GIICOM