Langsung ke konten utama

Newbie Dalam Bisnis? Yuk Coba Bisnis Model Canvas




Hai readers, kali ini aku mau bahas tentang bisnis model convas ni. Penasaran gak? Penasaran dooong pastinya. Langsung skuy ajadeh baca ya.

Nah jadi bagi para pemula atau newbie dalam bidang bisnis, tentu saja membuat perencanaan itu terkesan ribetkan reders? Bisnis Model Canvas ini dapat mempermudahkan kalian loh. Sebelum itu yuk kenali pengertiannya. Bisnis Model Canvas adalah sebuah alat penyederhanaan dalam strategi bisnis untuk menjelaskan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan sebuah perusahaan dalam bentuk visual. Bisnis model canvas ini juga bisa diterapakan pada perusahaan skala besar maupun kecil loh readers. Nah di dalam konsep ini, ada 9 elemen yang penting dalam menentukan sistem kerja bisnis kalian ni. 9 elemen tersebut ialah:
1.      Value Proposition
            Value Proposition ini adalah nilai jual dari sebuah produk yang ingin kalian jual. Jadi sebelum kalian menentukan yang lain, Value Propositions ini merupakan hal yang sangat penting agar kalian mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasaran.
2.      Customer Segments
            Jika tadi Value Proposition itu berkaitan dengan nilai jual produk, Customer Segments ini berkaitan dengan target produk kalian terhadap usia, gender dan hobi. Jadi setelah mengetahui nilai jual produk kalian, kalian juga mesti tau target konsumen atau customer kalian ya readers.
3.      Customer Relationship
            Selanjutnya setelah 2 elemen diatas, kita harus memahami dan membangun hubungan baik dengan konsumen, ya sama aja kaya PDKT hehe. Nah dengan pahamnya kalian mendekati konsumen maka bisnis kalian akan menarik perhatian target yang ingin kalian tuju. Seperti misalnya di era milenial ini, para readers bisa mendekati konsumen dengan bahasa-bahasa milenial atau kekinian. Jadi tak menutup kemungkinan kalo kaum milenial akan tertarik jika kita juga ikut dalam lingkupan mereka.
4.      Channels
            Setelah melalui masa PDKT pada Customer Relationship, tentunya kita harus menemui langsung konsumen yang menjadi target kita ni. Channel disini tu maksudnya sama saja seperti media yang bisa mendekatkan kita kepada konsumen seperti di Instagram yang populer ditengah kaum milenial dan juga disana kita bisa langsung berinteraksi dengan mereka.
5.      Key Acivities
            Key Activities ini merupakan kegiatan bisnis yang readers lakukan setiap hari untuk bisa mencapai nilai jual produk kalian. Seperti bagaimana interaksi terhadap konsumen agar konsumen puas, bagaimana kalian mempromosikan produk dan lainnya.
6.      Key Resources
            Tidak ingin bisnis kalah saing kan readers? Nah Key Resources ini kalian harus memiliki sumber daya yang mampu menopang bisnis kalian ya, seperti ruang kerja, komputer dan sebagainya untuk mengatur lancarnya bisnis kalian.
7.      Key Partners
            Dalam berbisnis tentunya Partners merupakan hal yang sangat penting ya readers. Dikarenakan Partners sangat membantu dalam mencapai nilai jual produk kalian ni. Seperti contohnya jika kalian memiliki bisnis toko roti, nah tentunya kalian membutuhkan Partner terpercaya yang dapat menjadi supplier bahan roti kalian kan? Nah supplier itulah yang menjadi Key Partners kalian agar roti yang kalian jual tetap terjaga kualitasnya.
8.      Cost Structures
            Nah Cost Structures ini adalah susunan pengeluaran atau pemasukan uang dalam perusahaan atau bisnis kalian ya readers. Tentunya catatan pengeluaran dan pemasukan harus tersusun dengan rapi agar bisnis berjalan dengan lancar.
9.      Revenue Streams
            Sudah tau kah apa itu Revenue readers? Jika kalian belum mengetahuinya, revenue itu merupakan pendapatan usaha atau lebih jelasnya adalah sebuah dana atau uang yang didapatkan dari hasil penjualan produk kalian ya readers. Jadi tentu saja setiap perusahaan membutuhkan yang namanya Revenue Stream atau bisa dibilang aliran pendapatan untuk dapat menjalankan aktivitas bisnis dengan lancar.

Gimana readers? Dari 9 elemen tersebut, bisnis model canvas ini merupakan teknik yang sangat efektif kan? Soalnya kalo kalian menerapkan konsep ini, kalian dapat memetakan bisnis kalian secara teratur tanpa ribet readers.  Oh iya, kalau masi kurang dimengerti. Aku punya contoh yang bisa bantu kalian ni, seperti dibawah ini:

Bisnis Model Canvas Kafe Kopi Kulo

  • Value Proposition
     Kopi Kulo menyediakan kopi aneka varian yang kekinian dengan cita rasa otentik dan bahan baku berkualitas terbaik. Kopi Kulo merupakan kafe yang nyaman untuk menghabiskan waktu luang.
  • Customer Segments
Target konsumen merupakan generasi millennial dengan rentang usia 15-40 tahun. Seperti Pelajar, Mahasiswa dan Pegawai.
  • Customer Relationship
a)      Memberikan diskon 50% untuk pembelian kedua
b)      Promo gratis satu cup Kopi Kulo varian tertentu dengan membeli dua cup kopi
c)      Harga promo untuk event tertentu seperti karnaval kuliner dan bazaar
d)     Promo khusus untuk pembelian melalui aplikasi pengantaran makanan daring.

  • Channels 
Channel yang dapat dicoba seperti Sosial media, Bazaar instansi, Karnaval kuliner dan Aplikasi pengantaran makanan daring.
  • Keys Activities
a)       Membeli biji kopi kualitas terbaik dari petani
b)       Menggunakan bahan-bahan pendamping yang berkualitas
c)       Memberikan pelayanan terbaik, cepat dan ramah
d)       Mempertahankan kualitas rasa dari produk-produk yang ditawarkan dari Kopi Kulo
  • Key Resources  

a)       Lokai penjualan yang strategis, dekat dengan instansi dan lembaga pendidikan.
b)       Mesin espresso otomatis.
c)       Petani kopi dengan kualitas biji kopi terbaik.
d)       Suplaier bahan dan alat pelengkap
  • Key Partners
Supplier yang cocok untuk Kopi Kulo seperti Petani kopi, Supplier bahan, Penyelenggara event festival kuliner dan Influencer. 
  • Cost Structures
Pemasukan dan pengeluaran dari Kopi Kulo dapat dilihat dari Penyediaan alat, penyediaan lokasi kafe, penyediaan bahan baku, biaya promosi (pembukaan, festival kuliner, pekan promosi, dan promo kerja sama). 
  • Revenue Streams
a)       Modal pribadi pemilik Kafe Kulo
b)       Investasi pihak ketiga
c)       Penjualan per cup Kopi Kulo
d)       Penjualan menu pendamping Kopi Kulo
e)      Sistem bagi hasil melalui kerjasama pedagang yang menitipkan produk di Kopi Kulo


Nah gimana readers? Sudah mulai mengerti kan? Jadi melalui 9 elemen yang udah ku jelasin tadi, udah pasti banyak manfaat yang didapatkan melalui penerapan BMC ini ya readers. Dikarenakanm bisnis dapat berjalan sesuai kemauan yang ditentukan dan mendapatkan hasil sesuai harapan kalian, semua pihak yang terlibat memiliki tugas yang jelas dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis kalian, target dapat dicapai lebih cepat, peningkatan usaha menjadi lebih mudah dan pengontrolan kalian terhadap bisnis lebih mantap. 

Jadi jangan ragu lagi ya bagi para pembisnis newbie, semangat!! Dan jangan lupa untuk terus mencoba karena “Kegagalan terbesar adalah tidak pernah mencoba”-Mark Zuckerberg-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Hindari Resiko Bisnis? Yuk Coba Studi Ini

Hai reader, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan gak bosen liat pembahasan ku ini ya. Hehe. Okeee kali ini aku masih ngebahas tentang bisnis dan bakal ngasih tau ke kalian gimana cara menganalisa kelayakan dari sebuah bisnis ni readers. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus mampu mengatur dan paham akan segala hal mulai dari hal kecil hingga hal besar yang kedepannya sangat memengaruhi kestabilan bisnis. Terlebih lagi, bagi siapa saja yang masih dalam tahap awal memulai bisnis dan masih berkembang itu masih belum mahir dan mengetahui bisnis secara mendalam. Padahal studi kelayakan bisnis itu sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu kita langsung aja bahas ya. Go, go, goooooo! STUDI KELAYAKAN BISNIS Studi kelayakan bisnis ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis dari berbagai aspek sebagai penentuan bisnis berpotensial atau tidak kedepannya.  TUJUAN S

Pameran Otomotif GAIKINDO Berpotensi Baik Terhadap Bidang Industri Otomotif Indonesia

Batam, 13 Maret 2020 – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 lalu di Jakarta Convention Center. GIICOMVEC 2020 masih memiliki satu lagi catatan positif. Selain sukses menarik total 10.359 kehadiran sepanjang empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2020 yang tahun ini diikuti oleh deretan kendaraan komersial terbaik dengan inovasi dan tekonologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, sementara ini berhasil mencatat angka transaksi sebanyak lebih dari 800 unit kendaraan komersial dengan nilai melebihi 450 milyar rupiah. Angka tersebut diperkirakan masih dapat bertambah mengingat masih ada beberapa merek yang akan mendata pencapaian mereka, serta data penjualan dari supporting industri yang tidak tercatat didalamnya. Namun dapat dipastikan bahwa pencapaian GIICOM