Langsung ke konten utama

Smeraldo Store



Haii readerss, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan semangat menjalani hari kalian ya. 

Kali ini aku balik lagi dengan pembahasan bisnis, tapi dalam pembahasan kali ini aku ngebahas hal yang sedikit beda dengan sebelumnya karna aku pengen ngebagiin gimana ide bisnis aku ke kalian. Jadi tanpa basa-basi lagi, langsung aja aku bahas ya readers. Go go goooooo!!!! 

Oke readers jadi aku ni punya rencana buat ngebuka bisnis yang berkaitan dengan salah satu hobi aku yaitu, menggambar. Memang mungkin aku gak sehebat orang-orang diluar sana yaa tapi dengan terus mengasah skill menggambar ku ini, semua pun pasti bisa dilakuin kedepannya kan? Iya doong, hehehe. Naaah kalo untuk sekarang sih aku punya rencana ngejualin karya-karyaku gitu. Jadi nanti sekiranya aku bakal ngejualin barang-barang seperti Phonecase, Totebag, Mug dan lain-lain yang ada desain gambar buatan aku sendiri dan bakal aku namain Smeraldo Store. Buat bahan atau barangnya sendiri, aku bakal beli bahan atau barang jadi yang polosan gitu supaya bisa di desain dengan gambar aku sendiri. Nah apalagi kalo ditambah desain yang unik, sudah pasti bisa menarik perhatian orang banyak tu.

Kalau tentang rincian modal bisnis aku sih tergantung mau bikin berapa dulu, tapi bakal aku kasi kira-kira total modal buat bisnis aku yaa. Untuk 1 lusin Phone case bening Rp.120.000/lusin (harga bisa beda tergantung bahan), Baju kaos polos 1 lusin Rp. 390.000/lusin (harga bisa beda tergantung bahan), Mug atau gelas polos 1 lusin Rp.174.000/lusin (harga bisa beda tergantung bahan), Cat akrilik Rp.38.000/set (harga bisa beda tergantung merk) dan Kuas Rp.60.000/set (harga bisa beda tergantung beli set/satuan). Jadi kalau ditambah semuanya, modal aku Rp.782.000 buat mengawali bisnis kecil-kecilan aku ini. Tentunya modal ini bisa berubah-ubah ya readers sesuai kebutuhan bahan aku, jadi tidak menjadi patokan tentu namun bisa menjadi contoh.

Okee, setelah ngebahas gimana aja proses pembuatan dan rincian modal bisnis. Kalian jangan sampai lupain gimana cara mempromosikan produk kalian ya readers karna percuma juga kalau kalian gak punya strategi pemasaran yang baik, malah yang ada produk kalian tidak laku dan sepi pelanggan. Naah kalo buat aku sih strategi pemasarannya bakal ngandelin media sosial dan situs jual beli online. Selain jangkauan yang luas dan mudah di akses, tentu saja juga karna tidak adanya biaya dalam menggunakan keduanya media tersebut. Jadi udah pasti aku bakal ngepromosiin jualan aku dimedia seperti Instagram, Facebook, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain-lain.


Dari segi Bussines Model Canvas, begini sekiranya bisnis aku :

"Smeraldo Store" 
1. Value Proposition
    Smeraldo Store menyediakan barang-barang dengan kualitas bahan terbaik dan nyaman untuk digunakan dengan pilihan desain-desain yang unik.
2. Customer Segments
    Target konsumen Smeraldo Store merupakan orang yang berusia sekitar 15-40 tahun. Seperti pelajar, mahasiswa dan pegawai.
3. Customer Relationship 
     Smeraldo Store akan memberikan diskon untuk pembelian kedua, promo gratis desain unik yang tidak dijual atau khusus untuk freebies, dan promo gratis untuk pembelian di situs jual beli online.
4. Channels
     Smeraldo Store akan mencoba media sosial dan situs jual beli online seperti Instagram, Shopee, Tokopedia, Facebook dan lain-lain.
5. Key Activities
     Membeli brush atau kuas, cat akrilik dan phonecase bening, baju, mug yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang cepat, baik dan ramah.
6. Key Resources
    Mencari supplier phonecase bening, baju, mug yang berkualitas.
    Peralatan yang bagus dan berkualitas.
7. Key Partner
    Supplier baju, mug dan phonecase bening.
    Kurir
8. Cost Structure
    Biaya phonecase, mug dan baju.
    Biaya pengeriman barang.
    Biaya promosi.
9. Revenue Streams
    Penjualan Baju, Mug dan Phonecase dengan desain-desain unik hasil karya sendiri.

Contoh proposal bisnis format PKM-K : Proposal Bisnis Smeraldo Store

Jadi sekiranya begitulah ide atau rencana bisnis akuya readers. Semoga dengan adanya penjelasan dari ide bisnis aku ini, kalian bisa lebih mengerti lagi dalam menjalankan ide-ide kalian ya readers. Semangat teruus yaa dan jangan lupa jaga kesehatan. Have a nice daaaay :)

Berikut video penjelasan tentang BMC







     

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Bingung Hindari Resiko Bisnis? Yuk Coba Studi Ini

    Hai reader, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan gak bosen liat pembahasan ku ini ya. Hehe. Okeee kali ini aku masih ngebahas tentang bisnis dan bakal ngasih tau ke kalian gimana cara menganalisa kelayakan dari sebuah bisnis ni readers. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus mampu mengatur dan paham akan segala hal mulai dari hal kecil hingga hal besar yang kedepannya sangat memengaruhi kestabilan bisnis. Terlebih lagi, bagi siapa saja yang masih dalam tahap awal memulai bisnis dan masih berkembang itu masih belum mahir dan mengetahui bisnis secara mendalam. Padahal studi kelayakan bisnis itu sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu kita langsung aja bahas ya. Go, go, goooooo! STUDI KELAYAKAN BISNIS Studi kelayakan bisnis ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis dari berbagai aspek sebagai penentuan bisnis berpotensial atau tidak kedepannya.  TUJUAN S

    Pameran Otomotif GAIKINDO Berpotensi Baik Terhadap Bidang Industri Otomotif Indonesia

    Batam, 13 Maret 2020 – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 lalu di Jakarta Convention Center. GIICOMVEC 2020 masih memiliki satu lagi catatan positif. Selain sukses menarik total 10.359 kehadiran sepanjang empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2020 yang tahun ini diikuti oleh deretan kendaraan komersial terbaik dengan inovasi dan tekonologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, sementara ini berhasil mencatat angka transaksi sebanyak lebih dari 800 unit kendaraan komersial dengan nilai melebihi 450 milyar rupiah. Angka tersebut diperkirakan masih dapat bertambah mengingat masih ada beberapa merek yang akan mendata pencapaian mereka, serta data penjualan dari supporting industri yang tidak tercatat didalamnya. Namun dapat dipastikan bahwa pencapaian GIICOM