Langsung ke konten utama

Tokoh Wirausahawan yang mengispirasi






Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang pemograman komputer dan pengusaha internet  Ia dikenal karena menciptakan situs jejaring sosial bersama temannya. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Zuckerberg dan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Savrin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Havard.

Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plans, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta yang memiliki direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan siswa disebut sebagai "The Facebook". Direktori foto semacam itu merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka. 

Zuckerberg lalu pindah ke Palo Alto, California, bersama Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang menginvestasikan pada perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama mereka di pertengahan tahun 2004. Menurut Zuckerberg, mereka berencana untuk kembali ke Harvard tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California. Mereka telah menolak tawaran oleh perusahaan besar yang akan membeli Facebook. 

Mark lalu membuat Facebook resmi pada Februari 2004. Facebook pada awalnya diciptakan sebagai alat yang efisien untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau rekan kerja. Seminggu setelah peluncuran, setengah dari mahasiswa Harward sudah memiliki akun Facebook. Dimulai dari hanya sebagai "barang Harvard" sampai pada akhirnya Mark memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain agar mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Facebook pertama kali dimulai dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University. 
 
Bahkan, beberapa kampus lain juga tertarik menggunakan Facebook. Mark pun kualahan, dia sampai meminta dua temannya untuk mengembangkan Facebook. Dalam waktu empat bulan, Facebook sudah menguasai 30 kampus. Peminat jejaring sosial tersebut terus meningkat, bahkan yang bukan mahasiswa juga berminat. Perkembangan usahanya itu membuat Mark memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus untuk mengembangkan Facebook dan pada tanggal 21 Juli 2010, Zuckerberg melaporkan bahwa perusahaan mencapai angka 500 juta pengguna.



Berdasarkan cerita singkat perjalanan Mark Zuckerberg ini, hikmah yang dapat saya ambil dari Mark adalah Mark sangat fokus dan terus berjuang akan apa yang ia sukai. Pada saat yang lain memilih berjuang dalam zona nyaman dan tidak berani mengambil resiko, ia lebih memilih berjuang dalam ketidakpastian yang belum tentu tercapai tujuannya karna dia memang suka, yakin dan percaya akan apa yang ia lakukan.

Saya paling menyukai kutipan Mark Zuckerberg yang pernah ia katakan saat sedang melakukan sebuah wawancara, yaitu : "The biggest risk is not taking any risk"

Dengan kutipan itupun saya langsung tersadar jika memang benar apa yang dikatakan Mark, karna jika kita tak berani mengambil resiko sekecil apapun itu maka apa yang kita inginkan tak akan pernah tercapai dan mungkin kita akan hidup dalam penyesalan jika tak mengambil resiko tersebut. Kegagalan itu tak perlu ditakuti tapi kita harus takut akan penyesalan yang mungkin akan terjadi semasa hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Hindari Resiko Bisnis? Yuk Coba Studi Ini

Hai reader, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan gak bosen liat pembahasan ku ini ya. Hehe. Okeee kali ini aku masih ngebahas tentang bisnis dan bakal ngasih tau ke kalian gimana cara menganalisa kelayakan dari sebuah bisnis ni readers. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus mampu mengatur dan paham akan segala hal mulai dari hal kecil hingga hal besar yang kedepannya sangat memengaruhi kestabilan bisnis. Terlebih lagi, bagi siapa saja yang masih dalam tahap awal memulai bisnis dan masih berkembang itu masih belum mahir dan mengetahui bisnis secara mendalam. Padahal studi kelayakan bisnis itu sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu kita langsung aja bahas ya. Go, go, goooooo! STUDI KELAYAKAN BISNIS Studi kelayakan bisnis ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis dari berbagai aspek sebagai penentuan bisnis berpotensial atau tidak kedepannya.  TUJUAN S

Pameran Otomotif GAIKINDO Berpotensi Baik Terhadap Bidang Industri Otomotif Indonesia

Batam, 13 Maret 2020 – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 lalu di Jakarta Convention Center. GIICOMVEC 2020 masih memiliki satu lagi catatan positif. Selain sukses menarik total 10.359 kehadiran sepanjang empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2020 yang tahun ini diikuti oleh deretan kendaraan komersial terbaik dengan inovasi dan tekonologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, sementara ini berhasil mencatat angka transaksi sebanyak lebih dari 800 unit kendaraan komersial dengan nilai melebihi 450 milyar rupiah. Angka tersebut diperkirakan masih dapat bertambah mengingat masih ada beberapa merek yang akan mendata pencapaian mereka, serta data penjualan dari supporting industri yang tidak tercatat didalamnya. Namun dapat dipastikan bahwa pencapaian GIICOM