Langsung ke konten utama

Apa Business Plan Itu? Yuk Bahas Bersama Disini!



Hai! Apa kabar readers? Gimana libur lebaran kalian? Semoga menyenangkan ya walaupun lebaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun kemarin. 

Kali ini aku balik lagi ni dengan tema yang masih sama dengan sebelumnya yaitu, bisnis. Yap pembahasannya masi sekitar bisnis ya, dan aku mau ngebahas tentang rencana bisnis. Kalo gitu langsung aja ya kita bahas lebih lanjut, Go go goooo!


Business Plan

Secara umum Rencana Bisnis atau Business Plan adalah sebuah tujuan atau alasan berdirinya bisnis dengan strategi dan rencana yang akan dijalankan dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Berdasarkan seorang ahli yang bernama Megginson (2000), Business Plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisnya. Business Plan ini sendiri memiliki beberapa prinsip, yaitu :
a. Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak.
b. Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis.
c. Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha.
d. Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efesien.

Manfaat Business Plan 

Setelah readers mengetahui pengertian dan prinsip dari Business Plan di atas, mari kita bahas manfaat dari Business Plan ini. Terdapat beberapa manfaat atau fungsi Business Plan, yaitu :

1. Mengawali Sebuah Bisnis atau Usaha
Bussiness Plan berfungsi untuk merancang stategi dan rencana awal bisnis. Sebuah bisnis akan sulit berkembang apabila dijalankan tanpa rencana ataupun rancangan bisnis.

2. Mencari Sumber Dana
Rencana Bisnis yang telah disusun bermanfaat untuk mendatangkan investor, bank atau yang lainnya yang akan membantu bisnis yang dijalankan. Dengan kata lain, rencana bisnis yang sudah direncanakan dapat menjadi sebuah proposal yang akan membantu mendapatkan modal usaha.

3. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah
Dengan adanya rencana bisnis yang sudah ditetapkan oleh seorang pengusaha, maka mereka jadi lebih fokus kepada tujuan atau strategi yang akan dituju.

4. Memprediksi Masa Depan
Business Plan juga dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang kan dijalankan. Sebab, saat menyusun rencana bisnis, maka akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang akan dijalankan.


Komponen Business Plan




Terdapat sebuah komponen dalam menyusun sebuah Business Plan (Recana Bisnis). Semua bagian yang readers susun akan saling terkait satu sama lain dan dapat menghasilkan sebuah persiapan yang bagus. Langsung aja kita bahas komponen-komponen dari Business Plan ya. Berikut tujuh komponen dalam Business Plan :


1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini readers harus menjelaskan secara singkat usaha apa yang akan readers tekuni. Bisa readers tambahkan potensi keuntungan dan perkembangan produk readers kedepannya serta informasi peluang pasar agar bisa bertahan daam persaingan.

2. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan hasil analisa pasar yang telah diteliti dengan baik. Analisa pasar itu sendiri merupakan hal yang digunakan dalam menentukan target pembeli. Para readers juga harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan.

3. Analisa Pesaing
Analisa Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing yang akan readers temui dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatan pesaing, kemudian carilah strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Dengan begitu, readers bisa lebih unggul dalam mengembangkan produk readers.

4. Rencana Desain dan Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam sebuah produksi dan penjualan. Hal ini berguna untuk readers saat membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha readers akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan fokus pada kebutuhan perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana penugasan karyawan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan perusahaan.

6. Pembiayaan

Faktor pembiayaan menjadi unsur yang sangat penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal dan bagaimana cara kita mengatur anggaran agar tetap dapat mengoperasikan sebuah usaha secara lancar.

7. Kesimpulan Usaha
Readers dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas saat akan dilakukan, seperti perkiraan waktunya dan hal-hal penting lain yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai sebuah usaha.


Nah sekiranya segitu aja penjelasan aku tentang Business Plan, semoga readers paham dengan penjelasan aku ya. Oiya hampir lupa, kali ini aku ada ngebuat video tutorial pembuatan Business Plan ni. Kalau readers masih kurng paham dan ingin lebih tau dalam membuat Business Plan itu seperti apa, simak aja yuk video tutorial yang aku bikin dibawah ini.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Hindari Resiko Bisnis? Yuk Coba Studi Ini

Hai reader, aku balik lagi ni. Semoga kalian masih tetap sehat dan gak bosen liat pembahasan ku ini ya. Hehe. Okeee kali ini aku masih ngebahas tentang bisnis dan bakal ngasih tau ke kalian gimana cara menganalisa kelayakan dari sebuah bisnis ni readers. Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus mampu mengatur dan paham akan segala hal mulai dari hal kecil hingga hal besar yang kedepannya sangat memengaruhi kestabilan bisnis. Terlebih lagi, bagi siapa saja yang masih dalam tahap awal memulai bisnis dan masih berkembang itu masih belum mahir dan mengetahui bisnis secara mendalam. Padahal studi kelayakan bisnis itu sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu kita langsung aja bahas ya. Go, go, goooooo! STUDI KELAYAKAN BISNIS Studi kelayakan bisnis ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang bisnis dari berbagai aspek sebagai penentuan bisnis berpotensial atau tidak kedepannya.  TUJUAN S

Pameran Otomotif GAIKINDO Berpotensi Baik Terhadap Bidang Industri Otomotif Indonesia

Batam, 13 Maret 2020 – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, yang berlangsung pada 5-8 Maret 2020 lalu di Jakarta Convention Center. GIICOMVEC 2020 masih memiliki satu lagi catatan positif. Selain sukses menarik total 10.359 kehadiran sepanjang empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2020 yang tahun ini diikuti oleh deretan kendaraan komersial terbaik dengan inovasi dan tekonologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, sementara ini berhasil mencatat angka transaksi sebanyak lebih dari 800 unit kendaraan komersial dengan nilai melebihi 450 milyar rupiah. Angka tersebut diperkirakan masih dapat bertambah mengingat masih ada beberapa merek yang akan mendata pencapaian mereka, serta data penjualan dari supporting industri yang tidak tercatat didalamnya. Namun dapat dipastikan bahwa pencapaian GIICOM